KISI-KISI INSTRUMEN
PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR
| 
   
No. 
 | 
  
   
DIMENSI TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA 
 | 
 
| 
   
A 
 | 
  
   
PERENCANAAN
  LAYANAN BK 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan
  esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan
  layanan BK.  
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih
  instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta
  menggunakan hasil asesmen. 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat merancang program BK 
 | 
 
| 
   
B 
 | 
  
   
PELAKSANAAN
  LAYANAN BK 
 | 
 
| 
   
Persiapan Layanan BK 
 | 
 |
| 
   
4. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar
  pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) 
 | 
 
| 
   
Pelaksanaan
  Layanan BK 
 | 
 |
| 
   
5. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL
  (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK.  
 | 
 
| 
   
6. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip
  pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
7. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip,
  azas, dan fungsi dalam pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
8. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan
  kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir. 
 | 
 
| 
   
9. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan
  BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis. 
 | 
 
| 
   
10. 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap,
  perilaku dan kebiasaan belajar. 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model
  konseling dalam pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
12. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan
  kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
13 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya
  pelaksanaan pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
Penilaian
  Keberhasilan Layanan BK 
 | 
 |
| 
   
14 
 | 
  
   
Guru
  BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan
  hasil pelayanan BK. 
 | 
 
| 
   
C 
 | 
  
   
EVALUASI,  PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK 
 | 
 
| 
   
15. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.  
 | 
 
| 
   
16. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan
  program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK. 
 | 
 
| 
   
17. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran
  dan fungsi guru BK/ Konselor).  
 | 
 
| 
   
18. 
 | 
  
   
Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan
  memanfaatkan hasil penelitian dalam BK. 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar